Friday, April 26, 2013

WAKATOBI, mungkin untuk beberapa orang masih belum tau dimana itu wakatobi dan apa kelebihannya. Tapi untuk dikalangan pecinta alam, penyela khususnya, wakatobi pasti sudah tidak asing di telinga mereka. kenapa? Karena wakatobi merupakan salah satu dive site terbaik yang dimiliki di Indonesia. 



Wakatobi merupakan kepulauan yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara, dahulu kepulauan ini dinamakan Kepulauan Tukang Besi/Pandai Besi karena disini tempat pembuatan senjata-senjata yang bermateri dasar besi seperti parang contohnya. Nama Wakatobi kemudian menggantikan nama kepulauan ini. WAKATOBI diambil dari singkatan nama 4 pulau besar yang ada di kepulauan ini yaitu Wangi-wangi , KAledupa, TOmia dan BInongko dengan ibukota berada di Pulau Wangi-wangi.
Wakatobi berada dalam segitiga karang dunia dimana dalam segitiga karang tersebut memiliki keaneka ragaman biota yang tinggi, jadi bisa dibayangkan keindahan wakatobi




AKSES, kata ini pasti akan menjadi pertanyaan pertama anda jika anda ingin pergi atau melakukan ke perjalanan ke suatu tempat, karena kita memperlukan infomasi mengenai akses menuju kesana untuk merencanakan perjalanan kita. Berdasarkan pengalaman saya, maka saya ingin berbagi informasi tentang aksesibilitas ke Wakatobi.  Akses menuju Kepulauan Wakatobi sekarang ini sudah cukup mudah. Anda bisa memilih sesuai dengan budget atau keinginan anda. Saya merangkumnya menjadi 3 Jalur yang bisa anda pilih/pertimbangkan untuk mencapai Wakatobi.


1.       Jalur ELIT
Menggunakan Jalur Pesawat  bisa menggunakan maskapai Lion air dengan jurusan JKT-MAKASSAR-KENDARI-WANGI-WANGI dengan mengganti pesawat tipe yang kecil (kapasitas 40-50 orang) di Makassar. 
Bandara Matahora WAKATOBI


Pesawat Kapasitas 40-50 Orang dari dan menuju Wangi-Wangi




2.       Jalur NORMAL
Menggunakan Jalur Pesawat  bisa menggunakan maskapai Lion air ataupun Merpati dengan jurusan JKT-MAKASSAR-BAUBAU dengan juga mengganti pesawat tipe kecil di Makassar. Kemudian dari Kota Bau-Bau anda bisa menggunakan Jalur Laut dengan 2 pilihan: Kapal cepat (CANTIKA) dengan harga Rp. 150.000 selama 3 Jam menuju Pulau Wangi-wangi (Kapal berangkat pukul 13.00).  
 
Kapal Cepat CANTIKA (Baubau-Wangiwangi)

Kapal Cepat Wangiwangi-Tomia




3.       Jalur PETUALANG
Menggunakan Kapal PELNI tujuan Kota BauBau dari Jakarta dengan lama perjalanan kurang lebih 5 hari lalu dilanjutkan dengan Kapal Kayu dengan harga Rp.100.000 dengan waktu tempuh 9 Jam ke Pulau Wangi-wangi di Pelabuhan yang sama (kapal  kayu berangkat pukul 21.00)



Setelah tiba di Wangi-wangi, apabila anda ingin menuju ke Pulau-pulau lain, maka tersedia kapal cepat ataupun kapal kayu untuk menuju pulau-pulau besar lainnya. Menuju Pulau Tomia misalnya, dari Wangi-wangi tersedia kapal cepat dengan tarif Rp. 120.000 dengan lama perjalanan 3 jam atau kapal kayu dengan harga Rp.60.000 selama 5 jam. Kedua kapal tersebut biasanya berangkat pada pagi hari.

Akomodasi, Pulau Wangi-wangi tergolong paling lengkap dibandingkan pulau lainnya. Listrik 24 jam, Bandara, ATM serta banyaknya pilihan penginapan. Harga penginapan disini tergolong bervariasi dengan rentang termurah bisa mencapai Rp.60.000 per malam sampai diatas 1 juta semalam, tergantung hotel yang anda pilih tentunya :D

Waktu yang pas kesini adalah bulan April-Juli karena cuaca cenderung cerah dengan gelombang laut yang tenang, jadi kita bisa lebih nyaman liburannya.

Kalau Anda berencana melakukan trip perjalanan kesini, maka perlu perencanaan yang matang dari cara untuk mencapai wakatobi sampai akomodasi jika ingin ke pulau-pulau lainnya. Jika anda berencana menggunakan pesawat, maka pesanlah jauh-jauh hari karena anda bisa mendapatkan harga tiket lebih murah. Waktu saat anda tiba di wakatobi juga harus dihitung, karena kapal/perahu cepat menuju ke pulau-pulau besar lainnya hanya ada 1x sehari dan dipagi hari (8-9 pagi), jadi jika anda tiba di Pulau Wangi-wangi pada siang/sore hari, otomatis anda harus bermalam sehari, untuk itu diperlukan perencanaan yang matang. 

Perencanaan perjalanan yang matang akan membuat perjalanan anda nyaman dan menyenangkan :)



Gimana? Sudah cukup kebayang kan bagaimana untuk mencapai Wakatobi? :D
Nah sekarang saatnya saya berbagi pengalaman saya ketika berada di Wakatobi selama seminggu disana, silahkan tunggu Post berikutnya yaaa :D


1 comments:

  1. Bulan septemberan juga bagus.
    Oiya satu lagi. Kalo punya budget besar. Bisa langsung ikut trip di wakatobi dive resort

    ReplyDelete