Thursday, January 19, 2012

ALHAMDULILLAH

untuk post kali ini, kenapa saya buka dengan kalimat Alhamdulillah karena ada 2 hal yang membuat saya bisa mengatakan kalimat itu.
1. Karena saya akhir nya bisa nge-post lagi di blog ini :D
untuk 1 nya lagi akan saya jelaskan dibawah.

Akhirnya saya kembali nge-post di blog saya, setelah hampir sebulan absen karena disibukan oleh urusan perkuliahan saya yang bernama Tugas Akhir atau biasa disebut SKRIPSI

Ya, Skripsi sudah menguras tenaga dan pikiran saya selama hampir 5bulan ini akhirnya selesai juga. tapi sebelum membahas hari terakhir penentuan nasib saya pada 13 Januari 2012 kemarin, saya ingin mengkilas balik 'perjuangan' saya sampai ke titik itu.

Seorang teman saya bernama Bobby Surobby, yang merupakan satu kloter bersama saya mengatakan kalau periode skripsi kita selalu berdekatan dengan momen-momen tertentu, yaitu
UP (Usulan Penelitian) saat bulan puasa
Kolokium saat natalan
Komprehensif saat tahun baru
dan nanti Wisuda saat valentine
hahaha ada-ada aja perumpamaannya



Seminar Usulan Penelitian saya dilaksanakan pada 23 Agustus 2011
saat itu sedang bulan puasa yang justru harus menjadi motivasi tambahan saya untuk lebih semangat dalam memaparkan usulan penelitian saya, yaa anggap aja sebagai 'jihad' kecil saya lah :D :D

proses berjalan lancar dan saya diperbolehkan untuk lanjut ke penelitian.


Seminar Kolokium
berlangsung pada tanggal 23 Desember 2011, atau sudah h-2 sebelum hari raya natal
secara kebetulan (atau disengaja) tanggal pelaksanaannya sama dengan waktu saya UP, haha tapi untuk Kolokium ini tekanan jauuuhhh lebih tinggi dibandingkan saat UP kemarin, kenapa? karena saat Kolo (Kolokium) ini lah hasil penelitian kita selama di lapangan akan kita pertanggung-jawabkan di depan dosen-dosen penelaah kita yang baik hati,hehe kenapa saya bilang baik hati karena mereka memberikan saran dan kritik dengan baik dan sukses membuat saya pusing,haha

TAPI, tekanan nya justru datang dari hal yang seharusnya menjadi faktor pendukung saya,
yaitu adalah mahasiswa yang hadir.
jumlah nya membeludak! ketika saya lihat absen diakhir seminar, jumlah mahasiswa yang datang mengisi ruang kecil itu mencapai 43 orang! ini mah sama saja kayak saya sedang ngasih kuliah+ditonton sama dosen-dosen. cakep. sempurna.

Akhirnya proses ini pun berlangsung dengan lancar.




Nah tiba saatnya 1 langkah lagi untuk menuju sarjana yaitu Sidang Komprehensif.

Ternyata, tanpa disadari saat proses menuju Kolokium kemarin, kesehatan saya menurun, imbasnya adalah 2 hari setelah seminar saya jatuh sakit! haha yang membuat rencana saya untuk kembali ke kampus secepatnya untuk revisian+memenuhi syarat harus tertunda sampai awal tahun. apa boleh buat.

Awal tahun 2012, saya kembali dikampus dengan posisi belum revisian+memenuhi syarat tiba-tiba langsung dapat SMS dari pembimbing saya kira-kira isinya seperti ini
"ibnu kamu jadi sidang tanggal 13?saya hanya bisa tanggal itu"

DASH! ini apa tiba-tiba dosen sms saya seperti ini????otomatis keadaan saat itu langsung chaos, saya segera masuk gigi-5 untuk menyelesaikan segalanya.
dan itu menjadi minggu-minggu yang krusial buat saya.
tidak ada yang nama nya liburan. senin-jumat saya berputar-putar disekitaran kampus untuk memenuhi syarat, akhir minggu pun tidak jauh berbeda, hari sabtu dan minggu saya gunakan untuk mengejar dosen ke rumah nya.

Bahkan sampai H-1 pun saya masih dipusingkan oleh beberapa persyaratan yang harus saya penuhi, saya tidak tau kenapa Fakultas ini seperti nya sangat susah sekali birokrasi dan macam lain nya, sampai-sampai untuk urusan kesepakatan dosen, ruangan, undangan dan konsumsi pun harus diurus sendiri.

Akhirnya hari itu berhasil saya wujudkan, Jumat 13 Januari 2012
FRIDAY 13th

Inilah hari yang sudah saya tunggu setelah 4tahun lebih kuliah di kampus, inilah hari penentuan saya setelah perjuangan yang saya lakukan pada saat Tugas Akhir.

Namun, Allah SWT sangat baik, Allah ingin memberikan cobaan untuk saya yaitu malam sebelum sidang yang seharusnya saya isi dengan belajar atau istirahat tapi saya diberikan SAKIT, haha
panas+meriang menghiasi malam menjelang hari penentuan saya, bahkan sampai detik menuju persentasi sidang komprehensif, keadaan tubuh masih kurang baik.

Pertempuran Akhir saya yang berlangsung sekitar 1,5 Jam pun akhirnya berakhir. saya dipanggil kembali kedalam untuk dibacakan hasil yudisium saya
dan saat ketua sidang menyatakan "Selamat, anda Lulus" dan diiringi oleh tepuk tangan dosen-dosen yang ada didalam, perasaan lega itupun datang.
4tahun perjuangan + 5 bulan Skripsi ini seolah semua nya terbayar di hari itu, di Momen ini biasanya Mahasiswa diiringi oleh tangisan bahagia, tetapi apa yang terjadi dengan saya?saya tidak bisa menangis,mungkin saya minim perasaan,hahaha.
Tapi saya tetap bersyukur.

BONUS dari hasil perjuangan saya adalah ketika saya dinyatakan Cum-Laude 
perasaan saya saat itu bertambah senang dan bahagia,hehe

CUM LAUDE!!!

Alhamdulillah kedua yang saya janjikan pada awal post adalah
ALHAMDULILLAH akhirnya saya bisa membuat kedua orang tua saya bangga dengan hasil yang sudah saya capai. ketika tiba dirumah setelah 4hari pasca sidang saya kembali ke rumah, saya sudah disambut oleh senyuman orang tua saya dengan kalimat-kalimat yang membuat saya sedikit haru.
Papa: "Selamat Nak, akhirnya semua anak papa Sarjana semua, Alhamdulillah"
Mama: "Alhamdulillah nak, Selamat, doa mama ke Allah terwujud, mama bangga sama kamu nak!"


ALHAMDULILLAH Ya Allah Akhirnya saya, walaupun mungkin baru sedikit, sudah bisa memberikan kedua orang tua saya kebanggan, hal yang selalu saya ingin lakukan selama ini.

Terima Kasih  Ya Allah, semoga gelar sarjana ini bisa saya pertanggung jawaban saya kedepannya, AMINNN

Persis yang seperti Dosen Wali saya katakan:
"Selamat, tapi jangan hanya sebatas mahasiswa berpredikat Cum-Laude saja, tetapi kamu harus menjadi pribadi yang cum laude di masyarakat nantinya"

LULUS!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

2 comments: