Wednesday, October 16, 2013

Pagi Hari, Subuh tepatnya kami sudah bangun untuk siap-siap berangkat karena bis kami pukul 07.00 berangkat. Setelah berpisahan dengan si penjaga hotel, Huy kami mencari sarapan terlebih dahulu didekat penginapan dan bergegas menuju agen bis tempat kami memesan tiket kemarin. Bis yang kami gunakan adalah Catmekong Express, memang bukan bis tidur tetapi  bangku duduknya sudah cukup nyaman buat perjalanan yang akan ditempuh kurang lebih 15 Jam ini. Rute pertama adalah menuju Ibukota Kamboja Phonm Penh, perjalanan memakan waktu sekitar 6 jam, sebelum itu tentu kami melewati perbatasan terlebih dahulu. Proses imigrasi untuk pindah Negara cukup cepat, karena paspor kami dikumpulkan oleh pihak bis yang kemudian mereka yang mengurusnya, kami tinggal menunggu dipanggil saja namanya dan kemudian selesai proses imigrasi. Secara resmi kami sudah menginjakkan kaki di Negara kedua, KAMBOJA!

Perbatasan Vietnam-Kamboja
Di Phonm Penh kami berganti bis untuk melanjutkan perjalanan menuju Siem Reap, Provinsi terbesar Kamboja yang memang menjadi tujuan kami karena ada komplek candi terbesar yang terkenal terletak di kota ini, Angkor Wat (Kota Candi). Angkor Wat ini cukup terkenal selain karena keindahan candi-candi yang berada didalamnya, lokasi ini juga pernah dijadikan lokasi syuting film Tomb Raider yang terkenal itu. Berangkat Pukul 7 pagi dari HCM City, kami akhirnya tiba di Siem Reap,Kamboja Pukul 9 malam, perjalanan yang cukup melelahkan.

Di pool pemberentian Bis, kami ditawari tuk-tuk untuk menuju penginapan yang direkomendasikan oleh teman, setelah memberitahu alamatnya akhirnya kami berangkat menuju penginapan. Si Supir  Tuk-tuk ini menawari jasanya juga untuk tur menuju ke Angkor Wat esok hari, akhirnya tanpa berpikir panjang kami setuju dengan tawarannya, kami janji berangkat pukul 5 pagi karena ingin melihat sunrise di Angkor Wat.

Tiba dipenginapan, kami langsung ganti baju dan bersiap untuk menuju Angkor Night Market. Dengan modal peta yang diberikan dari penginapan dan arahan dari petugas hotel, kami kembali memutuskan untuk berjalan kaki saja ke lokasi itu,hehe.

Pub Street
Angkor Night Market
Ternyata lokasinya tidak cukup jauh, berjalan sekitar 15 menit kami sampai dilokasi tempat kehidupan malam kota ini berlangsung, Angkor Night Market. Terdapat banyak kafe-kafe serta toko-toko  baju serta souvenir yang ada dilokasi ini. Dilokasi ini pada malam hari ditutup untuk kendaraan bermotor, sehingga kita pejalan kaki dapat lebih nyaman mengelilingi lokasi ini. Saya mencari tempat pertunjukan Tari Apsara yang ada di lokasi ini untuk kami kunjungi keesokan harinya karena pertunjukannya sudah tutup hari ini. Setelah ketemu lokasi tempat pertunjukan tari, kami mencari tempat untuk makan sembari untuk santai sejenak menenangkan pikiran setelah perjalanan panjang.

Esok hari pukul 4 kami sudah melek kembali karena jam 5 kami sudah harus berangkat ke kawasan Angkor Wat untuk melihat sunrise, si supir tuk-tuk, VICHET sudah menunggu kami didepan hotel, dan kami langsung berangkat  menerobos dinginnya udara pagi kota,Brrrrr…..

Tiba disana kami harus beli tiket masuk terlebih dahulu dan kita juga difoto untuk membuat ID akses masuk kawasan candi, ternyata sudah cukup banyak turis dari berbagai Negara yang bersiap untuk menunggu sunrise di Angkor Wat. Kami yang masih setengah ngantuk berjalan untuk menunggu sang matahari timbul.

Angkor Pass ID 1Day

Namun setelah ditunggu ternyata cuaca kurang mendukung sehingga matahari tidak terlihat, cukup kecewa, tapi bisa apalagi.. akhirnya kami berkeliling disekitar Angkor Wat. Kondisi Angkor Wat banyak yang sedang dalam proses pemugaran, tampaknya sedang dipersiapkan untuk menghadapi musim liburan puncak diakhir tahun saat jumlah turis yang datang lebih banyak.

Angkor Wat

Setelah selesai puas berkeliling, kami kembali ke gerbang depan untuk mencari supir tuk-tuk kami, kami ingin mencari sarapan terlebih dahulu sebelum menuju lokasi Candi berikutnya.

Perut sudah kenyang, kami kembali melanjutkan ke Candi berikutnya, Angkor Thom. Candi pertama yang kami kunjungi dikawasan Angkor Thom ini adalah Bayon Temple. Keunikan candi ini adalah bangunannya banyak menyerupai muka manusia, hampir di dinding-dinding candi ini memiliki bentuk yang sama.

Angkor Thom

Lalu setelah puas berkeliling di sekitar Angkor Thom, kami menuju k lokasi candi terkenal lainnya yaitu Ta Prohm. Candi ini adalah lokasi syuting film Tomb Raider yang sudah saya singgung diawal. Di Ta Prohm ini kami berkeliling cukup lama karena banyak sekali spot-spot bagus yang saying kalau tidak didokumentasikan. Di Candi ini banyak bangunan yang sudah menyatu dengan akar-akar pohon yang besar menambah keeksotisan candi ini.

Ta Phrom

Waktu sudah menunjukan siang hari, kami memutuskan untuk tidak menunggu sunset di lokasi Angkor Wat karena cuaca masih mendung dan sepertinya tidak akan dapat, kami pun balik sejenak ke penginapan untuk beristirahat dan berpisah dengan Mas Vichet, supir tuk-tuk kami yang sangat baik. Buat yang berencana mengunjungi Siem Reap dan ingin menggunakan jasa Vichet bisa menghubungi dia:

Mrchapvichet@yahoo.com
+855 92963320

Malam harinya kami bersiap untuk kembali ke daerah Angkor Night Market untuk menonton pertunjukan Tari Apsara, yaitu tarian tradisional kamboja. Pertunjukan tari ini sebenarnya gratis, tidak dipungut biaya sama sekali, namun karena berlokasi di restoran, kita harus memesan makanan atau minuman ditempat ini, harga yang ditawarkan cukup normal, kami pun memutuskan untuk sekalian makan malam disini. Selain tarian apsara, ada banyak jenis tarian yang dipertunjukan, show berlangsung dari jam 7 sampai jam 9 dan kita pun dapat berfoto bersama penari pada akhir pertunjukan.

Apsara Dance
Jadwal Pertunjukan Tari
Setelah selesai menonton pertunjukan, kami pun berkeliling untuk mencari oleh-oleh serta cinderamata di sekitar pasar sebagai kenang-kenangan dari Kamboja.

Besok pagi kami akan menuju Negara ke-3 THAILAND!!!